Sabtu, 02 Mei 2020

PRASASTI ANJUK LADANG

  ~Prasasti  Anjuk  Ladang  dibuat  pada tahun 859 saka atau 937 masehi, hal itu berarti  prasasti  ini  telah  berusia  1079 tahun  saat  ini.  Maka  tidak  heran  jika ada beberapa bagian yang tidak terbaca oleh     para     ahli     karena     mengalami kerusakan   termakan   usia.   Tapi   dari bagian     yang     terbaca     maka     dapat diketahui inti dari prasasti tersebut.Prasasti     Anjuk     Ladang     berisi tentang     penetapan     wilayah     Anjuk Ladang   sebagai   tanah   perdikan sima swatantra.     Artinya     wilayah     Anjuk Ladang     dibebaskan     dari     tanggung jawab  membayar  pajak.  Tetapi  sebagai gantinya  upeti  yang digunakan  untuk membayar     pajak     dialihkan     untuk merawat    bangunan    suci JayastambaCandi Lor Wilayah       sekitar       Candi       Lor dijadikan       tanah       perdikan sima swatantra sebagai  wujud  rasa  terima kasih  Mpu  Sindok  kepada  masyarakat Anjuk     Ladang     yang     telah     berjasa membantu dalam peperangan melawan pasukan    Melayu    sehingga    pasukan tersebut  dapat  dikalahkan. 



Transkripsi  Prasasti ini memuat pada tulisan depan (Recto)  sebanyak  49  baris  dan  bagian belakang   (Verso)   sebanyak   14   baris (Harimintadji 2003: 39).Di   dalam   prasasti   Anjuk   Ladang tahun   859   saka   (937   M)   dikatakan bahwa      raja      Mpu      Sindok      telah memerintahkan     agar     tanah     sawah kakatikan(?).Di      Anjuk      Ladang dijadikan sima, dan dipersembahkan    kepada bhataradi sang  hyang  prasada  kabhaktyandi Sri Jayamerta, dharmadari SamgatAnjuk Ladang.  Itu  merupakan  anugerah  raja bagi    penduduk    Desa    anjuk    Ladang (Poesponegoro 2008: 188).Dari    prasasti    Anjuk    Ladang    ada bagian  yang  tidak  terbaca  karena  rusak termakan  usia  yang  sudah  sangat  lama. Namun   bagian   yang   dapat   dibacapun tidak      semua      dapat      diterjemahkan, terlebih    lagi    bahasa    yang    digunakan untuk    menerjemahkan    adalah    bahasa belanda.    Berikut    isi    prasasti    Anjuk LadSkema     struktur     Prasasti     Anjuk Ladang  scara  garis  besar  adalah sebagai berikut:1.Kalenderis, unsur penanggalan2.Raja  yang  memrintahkan  pembuatan prasasti    yaitu    Sri    Maharaja    Mpu Sindok                Isana                Wikrama Dharmmotunggadewa.

Birokrasi,      struktur      dan      pejabat pemerintahan  terutama  pejabat  yang dilibatkan  dalam  pembuatan  prasasti, mulai  dari  pejabat  tinggi  atau  pejabat Pemerintahan          Pusat,          pejabat menengah    sampai    pejabat    tingkat rendah yaitu pejabat desa4.Sambandha,   alasan   (latar   belakang) pembuatan prasasti5.Mangilala    dwryhaji,    yaitu    pejabat-pejabat    pemungut    (penarik)    pajak yang   sejak   dikeluarkannya   prasasti tidak   lagi   diperkenankan   memasuki desa  yang  telah  dijadikan  desa  suci (sakral)  atau  desa  otonom  (perdikan)bebas     pajak     dan     disebut sima swatantra.     Para     pemungut     pajak tersebut    jumlahnya    cukup    banyak, dalam        prasati        Anjuk        Ladang disebutkan    lebih    dari    60    pejabat, diantaranya    yang    terkenal    adalah: Pangkur, Tawan, Tirip6.Pasak-pasak,      yaitu      hadiah      atau persembahan  yang  disampaikan  oleh sekelompok  orang  yang  memperoleh anugerah  dari  Sang  Maharaja  (dalam hubungannya      dengan      pemberian perdikan  atau  status  otonom,  bebas pajak   desa   Anjuk   Ladang)   kepada pejabat-pejabat    pemerintahan    yang hadir  dalam  upacara.  Dalam  prasasti Anjuk       Ladang,       jumlah       pejabat peneripasak    itu    berwujud    emas    dalam berbagai  ukuran/satuan  dan  pakaian. Besar            kecilnya            pasak-pasak disesuaikan  dengan  tinggi  rendahnya pejabat yang menerima.

Upacara       ritual,       yaitu       upacara penetapan Anjuk Ladang sebagai desa perdikan sima      swatantrayang dilakukan       dengan       melaksanakan seperangkat    upacara    suci    (ritual). Upacara     ini     melibatkan     sejumlah petugas,  alat-alat  dan  barang-barang sesaji.     Upacara     tersebut     disebut Manasuk    Sima.    Benda-banda    sesaji dan     alat-alat     yang     dipergunakan antara     lain:     telur,     ayam,     kepala kerbau,   alat-alat   dapur,   kalumpang dan     lain-lain.     Sedangkan     petugas upacara disebut Madukur8.Sapatha      atau      kutukan,      sebagai upacara penutup adalah kutukanatau sumpah  serapah  bagi  siapa  saja  yang melanggar   atau   tidak   mematuhi   isi prasasti,  serta  doa  keselamatan  dan kesejahteraan               bagi               yang mematuhinya.            Kutukan            itu diungkapkan          dalam          berbagai pernyataan   yang   menyeramkan   dan mengerikan.        Misalnya:        Semoga dikoyak-koyak   badannya   oleh   para desa, dicaplokharimau   bila   masuk hutan,  dimakan  buaya  bila  mandi  di sungai,    disambar    petir    bila    hujan, dipathuk  ular  berbisa,  disiksa  Dewa Maut,     dimasukkan     dalam     bejana penyiksaan        (tamragumukha)        di neraka      nanti      bila      sudah      mati.



 Prasati   ini   awalnya   ditemukan   di dekat   sebuah   candi   yang   bernama   Candi Lor.  Candi  Lor  terdapat  di  desa  Candirejo Kecamatan    Loceret    Kabupaten    Nganjuk, atau  kurang  lebih  empat  kilometer  sebelah selatan dari pusat pemerintahan Kabupaten Nganjuk. Menurut sejarah prasasti ini dibuat atas  perintah  Mpu  Sindok  pada  tahun  859 saka   atau   937   masehi.   Pasasti   ini   dibuat sebagai tetengeradanya  tugu  kemenangan atau Jayastamba yang berupa bangunan suci Cankasih Mpu Sindok kepada masyarakat Anjuk Ladang     yang     telah     membantu     dalam peperangan  melawan  pasukan  melayu  dari kerajaan Sriwijaya.Isi    dari    prasasti    tersebut    adalah penetapan   wilayah   Anjuk   Ladang   sebagai daerah   perdikan sima   swatantra.   Artinya wilayah    Anjuk    Ladang    dibebaskan    dari tanggung    jawab    membayar    pajak.    Hasil bumi yang dulu digunakan untuk membayar pajak    dapat    digunakan    untuk    merawat bangunan suci Candi Lor tersebut.Mengingat  sejarahnya  yang  penting bagi   bangsa   Indonesia,  serta   berdasarkan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan  SMP kelas     VII     semester     2     yaitu standar kompetensi   5   Memahami   perkembangan masyarakat      sejak      masa      Hindu-Budha sampai    sekarang,    tepatnya    Kompetensi dasar  5.1 Mendeskripsikanperkembangan masyarakat,  kebudayaan  dan  pemerintahan pada masa Hindu-Budha, serta peninggalan-peninggalannya.   Maka   prasasti   ini   sangat sesuai    dan    berpotensi    sebagai    sumber pembelajaran sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar